Perayaan HUT Kemerdekaan yang ke-65 di Kecamatan Sipahutar cukup meriah, ditandai dengan banyaknya hiburan dan turnamen yang dipertandingkan. Sebagai komandan upacara Aiptu Suwadi dan Paskibra dari SMA Negeri 1 Sipahutar binaan bapak Herbet Simanjuntak, S.Pd yang diasuh oleh Pelda M.Naibaho dan Bripka Julianto. Irup Camat Sipahutar Marasudin Silitonga, S.Pd dalam pidatonya mengatakan bahwa peningkatan produksi pertanian pada tahun ini cukup meningkat, di bidang infrastruktur yaitu pembangunan air bersih dan pembangunan selokan parit pada pusat kecamatan dan  juga perbaikan jalan di beberapa desa. Dalam akhir pidatonya, beliau mengucapkan tehrima kasih dan menghimbau kepada segenap warga bona pasogit Kecamatan Sipahutar, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, LSM dan insan pers untuk selalu berpartisipasi membangun bonapasogit.

Pada kesempatan itu Panitia HUT yang diketuai Juliper Simanjuntak, S.Pd, sekretaris Edison Panjaitan dan bendahara T.br. Siringo-ringo menyampaikan terimakasihnya kepada segenap lapisan masyarakat atas suksesnya perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-65 dan terselenggara dengan tertib, aman dan kondusif.

Dalam acara hiburan dimulai dengan tari-tarian tingkat TK dan SD, pertandingan bola volley antar desa yang dibina oleh Tim Kecamatan dan dimenangkan juara I Sabungannihuta, juara II Lobutolong dan juara III Lumban Rang. Sementara itu kejuaraan Sepakbola antar sekolah tingkat SD dan SMP, untuk tingkat SD gugus I Inpres Kota dan gugus II Simarhompa, dan untuk tingkat SMP juara I SMP Negeri 1 Sipahutar, juara II SMP 3 Simarpinggan dan juara III SMP 4 Aeknauli.

Dan yang paling spektakuler yang telah diselenggarakan dalam dua pekan ini adalah turnamen kompetisi sepak bola antar club se-Kecamatan Sipahutar memperebutkan piala bergilir untuk juara I dari Ketua PAC Partai Demokrat Charly Simangunsong yang direbut oleh klub SIPEX, piala juara II dari Ketua PAC PDIPerjuangan Mangasa Silitonga yang direbut oleh klub LION dan piala juara III dari Ketua PAC Partai Golkar Andar Silitonga yang direbut oleh klub MARSADA. Dan turnamen kompetisi antar club ini juga direncanakan akan dipertandingkan pada bulan Nopember 2010 yang diselenggarakan oleh Muspika bekerjasama dengan Partai Demokrat, PDIPerjuangan, Partai Golkar, LSM-AMPD, Pers dari Harian Sore Warta Garuda dan Mingguan Bonapasogit.

Penyelenggaraan HUT kali ini cukup aman dan kondusif berkat dukungan dari kapolsek Kecamatan Sipahutar AKP S.Silitonga,SH beserta anggotanya dan Danramil Kecamatan Sipahutar Kapten P.Silalahi beserta anggotanya. Diharapkan untuk penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI untuk tahun-tahun mendatang selalu dalam suasana aman dan kondusif. (Ferdinan Markus Simatupang, SH)