• Fatimah Hutabarat selaku Ketua Umum AMPD Tapanuli Utara mengukuhkan Penasehat dan Melantik Pemberdayaan Perempuan AMPD Kecamatan Sipahutar, Minggu (27/06/2010) di Sipahutar.
  • Ketua AMPD Kecamatan Sipahutar, Nelson Silitonga melantik Pengurus AMPD dari 23 Desa Kecamatan Sipahutar.

Sipahutar (AMPDNews)

AMPD merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terbentuk dan resmi berdasarkan izin: Akta Notaris No.02 Tgl. 10-01-2009, PN No.03/2009/PN.trt, KESBANG No.81/BKPL/09 berkantor di Sekretariat Jl. Johannes No.7A Partali Toruan Hutabarat Tarutung Tapanuli Utara.

AMPD diketuai oleh Fatimah Hutabarat, seorang tokoh kontroversial terhadap pemerintahan di Tapanuli Utara, dimana beliau menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran, menegakkan demokrasi yang menyimpang dan terutama seorang sosok religius dan peduli bonapasogit. AMPD hadir di Taput khususnya di Sipahutar secara khusus memberikan perhatian secara langsung dari basic/dasar/pedesaan dalam pembangunan di berbagai sektor dan sebagai kontrol sosial di daerah tersebut, dimana selama ini pembangunan belum berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua pihak.

Pada acara pelantikan tersebut, juga dihadiri penasehat umum Kabupaten Taput Ebsan Sinaga, Kapolsek Sipahutar Iptu. S.Silitonga,SH, kepala desa Sipahutar II Ir.Laurencius Silitonga dan tokoh-tokoh masyarakat Sipahutar. Hadir juga Ketua PAC PKB Sipahutar Bungaran Tampubolon, Ketua PAC PDIP diwakili Hebron Simanjuntak dan Ketua IPK Sipahutar Ramos Silalahi serta undangan lainnya.

Fatimah Hutabarat didampingi Pengurus AMPD Kecamatan Sipahutar, Nelson Silitonga, Bonar Simanjuntak dan F.M.Simatupang,SH mengukuhkan Penasehat dan melantik Pemberdayaan Perempuan AMPD Kecamatan Sipahutar di komplek SMP HKBP Sipahutar. Pada kesempatan itu juga Ketua AMPD Kecamatan Sipahutar Nelson Silitonga didampingi Fatimah Hutabarat melantik Pengurus AMPD dari 23 desa Kecamatan Sipahutar.

Sesuai visi AMPD untuk meningkatkan SDM dalam berdemokrasi, Fatimah Hutabarat mengharapkan seluruh anggota AMPD Kecamatan Sipahutar menjadi motivator pembangunan, juga menyadarkan masyarakat akan haknya bahwa kedaulatan tertinggi adalah di tangan mereka baik dalam pemilukada maupun pemilihan para caleg. AMPD juga diharapkan mampu mendorong masyarakat agar ikut serta dan berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan daerah.

Sementara itu tokoh masyarakat Gr.Sabar Silitonga mengatakan sesuai motto AMPD “Maju terus, Rakyat sejahtera”, artinya maju dalam pendidikan, maju dalam budaya dan maju dalam pembangunan. Kepala Desa Sipahutar II Ir.Laurencius Silitonga sangat mendukung keberadaan AMPD di Kecamatan Sipahutar sebagai kontrol sosial dan motivator pembangunan. Beliau mengharapkan kemitraan dari berbagai elemen masyarakat yang tujuannya sangat positif dalam menunjang pembangunan khususnya di kecamatan Sipahutar. Kapolsek Iptu S.Silitonga,SH menghimbau dua persoalan besar yang tidak bisa ditolerir yaitu judi dan narkoba, untuk itu beliau mengajak seluruh anggota AMPD untuk ikut berperan dalam kantibmas.

Hasil wawancara AMPDNews dengan pengurus AMPD Kecamatan Sipahutar F.M.Simatupang,SH mengatakan bahwa Kecamatan Sipahutar dilihat dari letak geografis dan infrastrukturnya merupakan suatu asset yang pantas dikembangkan di bidang industri pertanian dan perdagangan, dimana Sipahutar merupakan penghasil nenas tertinggi di Sumatera. Oleh sebab itu Bonar Simanjuntak mengharapkan AMPD kedepan mampu mendongkrak pembangunan di berbagai sektor terutama dalam menciptakan SDM yang berkualitas untuk mensejajarkan bonapasogit Taput dengan daerah-daerah lain yang sudah maju. Dengan demikian Ketua AMPD Kecamatan Sipahutar, Nelson Silitonga mengajak segenap lapisan masyarakat turut mendorong dan mendukung AMPD sebagai mitra kerja demi kemajuan bonapasogit Sipahutar.