AMPD merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terbentuk dan resmi berdasarkan izin: Akta Notaris No.02 Tgl. 10-01-2009, PN No.03/2009/PN.trt, KESBANG No.81/BKPL/09 berkantor di Sekretariat Jl. Johannes No.7A Partali Toruan Hutabarat Tarutung Tapanuli Utara.

AMPD diketuai oleh Fatimah Hutabarat, seorang tokoh kontroversial terhadap pemerintahan di Tapanuli Utara, dimana beliau menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran, menegakkan demokrasi yang menyimpang dan terutama seorang sosok religius dan peduli bonapasogit. Salah satu tindakan nyata beliau atas nama AMPD yaitu: yang pertama, berhasil mengajukan gugatan Pemilukada Taput ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena banyaknya penemuan kecurangan Pemilukada dimana MK memutuskan Pemilukada Ulang yang pertama di seluruh Indonesia. Yang kedua, berhasilnya membongkar kasus korupsi pada Pemkab Taput dimana proses hukumnya masih berjalan pada saat ini.

AMPD hadir di Taput sebagai LSM atau NGO (Non Government Organization) yang secara khusus memberikan perhatian dalam penegakan hukum dan sebagai kontrol sosial di daerah Taput, dimana selama ini penegakan hukum di Taput belum berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua pihak.

AMPD kedepan diharapkan mampu mendongkrak pembangunan di berbagai sektor terutama dalam menciptakan SDM yang berkualitas untuk mensejajarkan bonapasogit Taput dengan daerah-daerah lain yang sudah maju. Untuk itu diharapkan segenap lapisan masyarakat turut mendorong dan mendukung AMPD sebagai mitra kerja demi kemajuan bonapasogit tercinta. Horas!. Ferdinan Markus Simatupang, SH