Tarutung, 19/04/2011

Kabupaten Tapanuli Utara salah satu daerah tergolong miskin dibandingkan dengan kabupaten lain di propinsi Sumatera Utara, dimana masih banyak lahan kosong yang belum tersentuh sama sekali karena minimnya fasilitas alat pertanian, demikian disampaikan Ketua Umum AMPD Fatimah Hutabarat pada pelepasan perdana 2 unit traktor Kubota Monster kepada kelompok tani AMPD kabupaten Tapanuli Utara, Selasa 19/04/2011. Hadir pada acara tersebut Ketua NASDEM Prop. Sumut H.M.Ali Umri, SH, MKN, Anggota DPRD Taput Jasa Sitompul, SH, MH, Kajari Taput, S.Simanjuntak, SH, MH, Wakapolres Kompol T. Marpaung, Pimpinan BNI Cab.Balige dan Tarutung, mitra kerja AMPD, tokoh masyarakat, utusan perantau dan seluruh jajaran pengurus AMPD 15 Kecamatan se-Taput.

Adapun 2 unit Traktor Kubota Monster merupakan sumbangsih daripada Ketua Umum AMPD Fatimah Hutabarat dan Ir.Bintatar Hutabarat, salah seorang perantau yang peduli terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan alat pertanian yang lebih canggih demi peningkatan taraf hidup para petani.

Pada kesempatan itu Ketua NASDEM Prop. Sumut H.M. Ali Umri, SH, MKN mendukung sepenuhnya program-program dari AMPD untuk memajukan masyarakat Tapanuli Utara di bidang pertanian. Hal senada juga disampaikan Konsultan Pertanian Tapioka Robinson Sidabutar dari PT.Hutahaean, dimana beliau mengatakan bahwa pabrik tapioka yang sudah berdiri di Tobasa membutuhkan tapioka 30-50 ton/hari sehingga diperlukan lahan tapioka seluas 2.400 Ha.

Kata sambutan dari Kelompok Tani AMPD mewakili 15 Kecamatan Ketua AMPD Kecamatan Sipahutar Nelson Silitonga dalam pidatonya mengharapkan perhatian lebih kepada masayarakat tani, dan beliau juga mengharapkan berdirinya lembaga keuangan seperti bank di Kecamatan Sipahutar untuk menunjang perekonomian rakyat, dimana daerah tersebut belum  ada bank selama kurun waktu ± 20 tahun. Harapan tersebut disampaikan kepada pimpinan BNI untuk lebih lanjut dapat diperhatikan.

Para undangan yang hadir pada acara tersebut sangat menyambut dengan antusias atas kehadiran kedua unit traktor itu dan diharapkan Ketua AMPD Taput Fatimah Hutabarat juga memperhatikan sektor-sektor lain dalam memajukan masyarakat taput. Horas AMPD. (Markus Simatupang)

About these ads